Mitos Menjadi Suatu Kepercayaan Di Sebagian Kalangan Masyarakat.

Mitos atau mite (myth) merupakan cerita prosa rakyat yang tokohnya para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Mitos pada umumnya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas binatang, bentuk topografi, petualangan para dewa, kisah percintaan mereka dan sebagainya.Mitos itu sendiri, ada yang berasal dari indonesia dan ada juga yang berasal dari luar negeri.
Mitos yang berasal dari luar negeri pada umumnya telah mengalami perubahan dan pengolahan lebih lanjut, sehingga tidak terasa asing lagi yang disebabkan oleh proses adaptasi karena perubahan zaman. Menurut Moens-Zoeb, orang jawa bukan saja telah mengambil mitos-mitos dari India, melainkan juga telah mengadopsi dewa-dewa Hindu sebagai dewa Jawa. Bahkan orang Jawa pun percaya bahwa mitos-mitos tersebut terjadi di Jawa. Di Jawa Timur misalnya, Gunung Semeru dianggap oleh orang Hindu Jawa dan Bali sebagai gunung suci Mahameru atau sedikitnya sebagai Puncak Mahameru yang dipindahkan dari India ke Pulau Jawa.
Mitos di Indonesia biasanya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, terjadinya susunan para dewa, terjadinya manusia pertama, dunia dewata, dan terjadinya makanan pokok. Mengenai mite terjadinya padi, dikenal adanya Dewi Sri yang dianggap sebagai dewi padi orang Jawa. Menurut versi Jawa Timur, Dewi Sri adalah putri raja Purwacarita. Ia mempunyai seorang saudara laki-laki yang bernama Sadana. Pada suatu hari selagi tidur, Sri dan Sadana disihir oleh ibu tirinya dan Sadana diubah menjadi seekor burung layang-layang sedangkan Sri diubah menjadi ular sawah.
Mitologi tentang tokoh-tokoh rakyat di seluruh dunia, seperti cerita Oedipus, Theseus, Romulus, dan Nyikang mengandung unsur-unsur seperti, ibunya seorang perawan;ayahnya seorang raja;terjadi proses perkawinan yang tidak wajar dan lain-lain.
Kepercaayan mitos – mitos yang di pegang sejak dulu hingga kini di sebagian masyarakat menjadikan suatu acuan yang harus di patuhi. Selama ini kita sering mendengar berbagai mitos di tengah-tengah masyarakat, bahkan mitos tersebut berkem-bang menjadi isme (kepercayaan) yang di percayai kebenarannya. Ia diyakini sebagai sebuah pantangan yang apabila dilanggar maka akan mendatangkan bencana bagi orang yang bersangkutan. Atau jika sesuatu yang di mitoskan itu dimiliki oleh seseorang, maka akan mendatangkan hoki (keberuntungan) bagi si pemiliknya.
Mitos-mitos yang beredar di tengah masyarakat yang selama ini diangap biasa dan wajar sesungguhnya dalam islam merupakan bentuk kesyirikan yang luar biasa. Kesyirikan tidak terbatas pada menye-mbah sesuatu selain Allah, tetapi juga paham atau keyakinan yang menyimpan dari tuntunan-Nya pun merupakan bent-uk kesyirikan. Hanya saja sebagian masyarakat tidak merasa bahwa apa yang diyakini itu merupakan bentuk kesyirikan.
Sikap permisif sebagian masyarakat terhadap berbagai bentuk kesyirikan, disamping karena sudah menjadi keyakinan yang turun temurun, mungkin juga disebabkan oleh kesamaran bentuk-nya Karena samarnya bentuk kesyirikan, sehingga sangat tepat jika Rasulullah mengibaratkan kesyirikan itu seperti seekor semut hitam yang berjalan diatas batu hitam di tengah kegelapan malam. Jadi mitos harus diwaspadai dan disingkirkan karena dapat mengotori akidah seseorang.
Dan kepercayaan baik dalam bentuk apapun merupakan Pondasi dari setiap hubungan yang akan terjadi dan terbentuknya suatu hal dorongan yang konsisten dalam hubungan interaksi. Dalam hal ini bukanlah mitos menjadi kekuatan tetapi kepercayaan itulah yang mendorong terjadinya suatu hal apapun itu..

http://www.gunadarma.ac.id/
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Mitos
http://masyariqulanwar.wordpress.com/2010/10/28/mitos-mitos-sesat-di-tengah-masyarakat/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s